Klinik Tanaman HPT Faperta Unpad didirikan pada tanggal 1 April 2003. Dalam rangka memperingati hari jadi Klintan yang ke 11 ini, Klintan mengadakan dua rangkaiankegiatan yaitu Syukuran bersama himpunan perhimpunan dan dosen Keluarga Mahasiswa Fakultas Pertanian (KMFP), FKKAK (Forum Komunikasi Keluarga Klinik Tanaman) dan juga para instansi yang pernah bekerja sama dengan Klintan. Rangkaian kegiatan selanjutnya berupa bakti sosial dan penyuluhan kepada anak anak di Panti Asuhan Bina Umat, Rancaekek dengan materi Vertikultur.

Acara Syukuran bersama himpunan perhimpunan dan para dosen di KMFP, FKKAK Klintan dan juga instansi yang pernah bekerjasama dengan Klintan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2014 di Student center Fakultas Pertanian Unpad Lantai 2. Acara tersebut dimulai dengan pembukaan oleh Sekjen dan Ketua Klintan, dilanjutkan dengan ramah tamah dengan para tamu undangan, ramah tamah dibuka oleh Kang Piping, Kang Reza dan Ceu Lucky yang merupakan angkatan Pioneer, mereka menceritakan awal terbentuknya Klintan dan kesan kesan selama berada di Klintan. KPAR (Kelompok Pencinta Anak dan Remaja) merupakan salah satu instansi yang pernah bekerja sama dalam penyuluhan dengan Klintan “Saya merasa senang telah bekerja sama dengan Klinik Tanaman dalam penyuluhan di Ciparanje, karena para peserta sangat antusias dengan materi penyuluhan yang diberikan sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar juga mendapatkan sambutan baik dari para peserta” Ujar Ima salah satu anggota KPAR dalam ramah tamah.

Selain dari KPAR, ada juga Pak Atan sebagai ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dari Desa Binaan Klinik Tanaman yaitu Desa Cilayung, “Saya pun begitu, saya merasa senang atas kehadiran adik adik Klintan di desa kami yang sekaligus menjadikan desa kami sebagai desa binaan. Semoga program bina desa dapat berjalan lancar dan sesuai harapan kita semua”. Acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ahmad Zein, suasana khusyu menjadi pengantar doa doa.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua Klinitan yaitu Ibu Noor Istifadah, M.Si menjadi puncak acara sekaligus sebagai simbol rasa syukur atas berdirinya Klintan selama sebelas tahun ini, acara syukuran tersebut diakhiri dengan makan bersama para tamu undangan.

Dimalam hari, acara dilanjutkan dengan “Malam Keakraban” antara pengurus harian dan para FKKAK dari angkatan Gamma, Virulen  dan Metarizium, acara tersebut dimulai dengan sharing dilanjutkan dengan renungan. Malam keakraban diakhiri dengan penerbangan lampion harapan oleh para anggota Klintan dan para FKKAK sebagai simbol dari harapan Klintan selanjutnya.

Tepat dihari Jadi Klinik Tanaman yaitu tanggal 1 April 2014, dilaksanakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Yayasan Bina Umat, Rancaekek. acara dimulai dengan penyuluhan mengenai Vertikultur kepada anak anak panti asuhan yang berjumlah 45 orang, vertikultur sendiri merupakan teknik penanaman dengan memanfaatkan lahan seefektif mungkin dengan menggunakan media pot baik berupa paralon, botol minuman yang dibentuk secara vertikal. Dalam materi vertikultur yang disampaikan oleh Firda dan Gesang tersebut, anak anak dan PHKT melaksanakan praktek langsung dalam pembuatan vertikultur, dari mulai penyiapan media tanam sampai dengan menanam tanaman berupa bibit tanaman kangkung dan benih pakcoy. Para peserta sangat antusias terutama anak anak yang masih menginjak Sekolah Dasar.

Acara tersebut sekaligus menutup rangkaian Milad XI Klinik Tanaman. Banyak doa dan harapan yang dipanjatkan di Milad Klintan yang ke 11 ini, semoga kedepannya Klintan dapat terus menebar manfaat bagi masyarakat terutama di bidang pertanian.


Menu Utama ID